Berikut ini adalah beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus, diantaranya
 

VIRUS PADA TUMBUHAN

1.          Mosaic disebabkan oleh tobacco mosaic virus (TMV)
2. Penyakit yang menyebabkan bercak kuning pada daun tumbuhan tembakau, kacang, kedelai, tomat, kentang, dan beberapa jenis labu.
2.        Penyakit kuning pada canai dan tomat yang disebabkan begomovirus (bean golden mosaic virus)
3.    Turnip yellow mosaic virus (TYMV) yang menyebabkan daun menggulung pada tembakau, kapas, dan lobak.

VIRUS PADA MANUSIA

1.      POLIO
Disebabkan oleh virus polio. Menyebabkan lumpuh jika virus menginfeksi selaput otak (meninges) dan sumsum tulang belakang. Bisa menular melalui air yang diminum, kerena virus ini dapat hidup di air selama berbulan-bulan, bias juga menular melalui sanitsi yang buruk, melalui peralatan makan, bahkan melaui lidah.
2.      GONDONG
Disebabkan oleh golongan paramyxovirus. Dapat tumbuh di jaringan otak, selaput otak, pancreas, testis, glandula parotid, dan kadang di hati. Ditandai dengan pembekakan di belakang kelenjar parotid yang berdekatan dengan telinga karena peradangan akibat infeksi. Penularan melalui kontak langsung dengan penderit, melalui lidah, urin, dan muntahan.
3.      AIDS
Acquired immunodeficiency syndrome adalah penurunan system kekebalan tubuh yang disebabkan oleh HIV (human immunodeficiency virus). HIV menular melalui hubungan seksual, tranfusi darah, dan penggunaan jarum suntik yang tidak steril.
4.      EBOLA
Disebabkan oleh virus ebola. Saat ini merupakan virus yang paling mematikan, virus ebola merusak jaringan dan sel tubuh dan menyababkan kematian dalam jangka waktu kurang dari 2 minggu. Ditularkan melalui kontak langsung dengan cairan tubuh penderita ebola, misalnya darah, feses, urin, ludah, dan keringat.
5.      HERPES SIMPLEKS
Disebabkan oleh virus anggota family herpesviridae. Menyerang kulit dan selaput lendir. Penyakit ini biasanya mengenai mata, bibir, mulut, kulit, alat kelamin, dan kadang-kadang otak. Virus masuk ke dalam tubuh melalui luka kecil. pada bayi, virus sering ditularkan pada saat dilahirkan. Selain itu virus juga ditularkan melalui hubungan seksual.
6.      RABIES
Disebabkan oleh virus rabies. Sebarnya merupakan penyakit yang menyerang hewan, mislnya, kucing, anjing, dan kelelawar penghisap darah. Virus ditularkan kepada manusia melalui gigitan hewan yang terinfeksi.  Pencegahan penyakit rabies dapat dilakukan dengan vaksinasi.
7.      SARS
Severe acute respiratory syndrome. Disebabkan oleh coronavirus. Gejala awal : demam tinggi lebih dari 38oC, menggigil, sakit kepala, lesu, dan nyeri tubuh, 3-7 hari kemudian : penderita mengalami batuk kering, dan gangguan pernafasan. Penularan SARS melalui kontak erat dengan penderita dan melalui kontak percikan cairan, misalnya batuk dan bersin. Cara mencegah misalnya, dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun atau alcohol 70% , sebaiknya tidak menyentuh mulut, mata, hidung dengan tangan kotor, apabila sedang batuk atau pilek, sebaiknya menggunakan masker untuk mencegah penyebaran virus.

VIRUS PADA HEWAN

1.      Polyoma, penyebab tumor pada hewan
2.      Adenovirus, penyebab tumor pada hewan tertentu
3.      Rhabdovirus. Penyebab rabies
4.      Retrovirus, misalnya HIV
5.      Avian influenza A (H5N1), penyebab penyakit flu burung yang menyerang unggas dan mamalia